Dalam memandikan si kecil, peralatan apa saja sih yang biasanya digunakan? Kebanyakan para ibu hanya menjawab bak mandi. Bagi saya, selain sabun dan shampo tentunya, ada 3 peralatan mandi yang wajib ada yaitu bak mandi, gayung, dan kursi mandi.

Bak mandi digunakan untuk menampung air hangat. Saya tidak merekomendasikan penggunaan shower karena cipratan airnya yang luas dan bisa mengenai mata bayi. Gayung digunakan untuk mengambil air dan menyiramkannya ke tubuh bayi. Kursi mandi berfungsi untuk meletakkan bayi sehingga kita tidak perlu memegangnya karena ada resiko bayi terlepas dari pegangan karena tangan licin terkena sabun.

Keuntungannya menggunakan kursi mandi bayi diantaranya adalah mengurangi resiko bayi terlepas/jatuh dan air yang disiramkan ke tubuh bayi merupakan air bersih sehingga mengurangi resiko infeksi mata. Just sharing, baby A pernah terkena infeksi pada matanya. Setelah diperiksa oleh dokter mata anak, katanya penyebabnya adalah air mandinya yang kurang bersih. Jadi jika bayi mandi didalam bak, biasanya air yang disiramkan ke tubuh bayi untuk membasuh/menghilangkan sabun menggunakan air yang sama yang berada didalam bak. Kemungkinan besar air sudah tercemar/kotor. Solusinya jika ingin tetap memandikan bayi didalam bak, sebelum dikeringkan dengan handuk sebaiknya tubuh bayi terutama bagian wajah dan matanya dibasuh dengan air bersih yang baru yang bukan berasal dari bak mandinya.

Setelah mencoba beberapa merek kursi mandi akhirnya pilihan favorit jatuh pada kursi mandi bayi merk Richell. Kursi ini mempunyai 3 posisi yang bisa diatur yaitu tegak, sender, dan berbaring/hampir tiduran (layback). Posisi layback membantu ibu memudahkan mencuci rambut anak. Bentuk kursinya seperti booster seat sehingga bisa juga digunakan saat anak sudah bisa duduk tegak dan mulai mpasi.

 

Bumper bar atau pengaman seperti di stroller bisa dilepas pasang dari sisi kiri maupun sisi kanan. Di bumper bar ada mainan yang berputar dan berbunyi untuk menarik perhatian bayi. Kursi mandi bayi ini bisa digunakan mulai dari bayi umur 2 bulan. Baby A sampai sekarang masih menggunakan kursi mandi ini tapi sejak sudah bisa berdiri dan berjalan sendiri mandinya tidak menggunakan kursi lagi jadi kursinya digunakan untuk mainan 😀

Kursi mandi richell dilapisi alas seperti spon. Alas ini tidak keras dan warna hijaunya mengurangi kelembutan warna pink yang feminim sehingga bayi laki-laki juga cocok menggunakan kursi mandi ini. Alas kursi mandi ini berfungsi menjaga baby tetap hangat dan tidak kedinginan saat mandi, dengan pori-pori dititik-titik tertentu mencegah telinga baby kemasukan air. Tip jika menggunakan posisi berbaring agar air tidak menggenang karena lubang pori-porinya hanya di titik tertentu, sesekali angkat sedikit badan bayi agar air cepat mengalir turun.

 

 

 

Harganya memang mahal tapi dari segi keamanan jauh lebih aman dibandingkan merek lain. Kursi mandi richell bisa dibeli di toko-toko yang menjual perlengkapan/peralatan bayi. Tersedia juga di market place seperti shopee dan tokopedia.

 

Catatan :

Semua foto diambil dari Google